Jumat, 20 Juni 2014

Masa Kecil Agak Pahit

Masa kecil itu bagi gue adalah masa di mana kita tumbuh buat besar. Iya, gue inget waktu gue kecil dulu, gue selalu ditimang, dan kata mereka diriku selalu di manja. Eh kok malah nyanyi!!!!. Dulu emang gue sering di timang sama ibu gue terutama, dan di manja sih engga. Karena gue mintak Handphone aja engga di turutin, jaman dulu engga ada sih, Hahahaha.

Gue waktu kecil tinggal di surabaya. Sejak lahir sampai umur 6 tahun gue tinggal di kontrakan. Ya emang dulu orang tua gue belum bisa buat beli rumah sendiri, tapi alhamduliah sekarang bisa beli rumah walaupun di cicil
.
Gue masa inget banget waktu gue masuk Taman Kanak-kanak, gue anaknya pemalu, buat kenalan sama temen aja gue ragu, apalagi sama cewek panas dingin dulu gue. Waktu TK dulu gue kalau berangkat bareng sama ibu gue, kenapa gue engga bareng ayah? Karena ayah lagi tidur. Bukan itu alasannya, gue di bareng sama ibu gue karena jalan menujuh pasar satu arah sama sekolah TK gue, bukan karena gue mau di jual di pasar. Gue dulu di gonceng sama ibu gue di tempat ikan yang disamping  itu, karena ibu gue mau beli jajan di pasar nanti, jadi gue kayak ikan yang mau di jual di pasar gitu.

Pulangnya gue jalan kaki sama temen gue, gue punya temen 1 yang bisa di ajak pulang bareng, walau pun kita berdua cowok. Kita sangat so sweet, sepulang sekolah gue selalu lewat sungai belakang sekolah gue, gue dan adi selalu berbarengan, kadang-kadang sambil lari-lari di pinggir sungai. Eh jangan kira gue homo. Gue masih normal sampai sekarang.

Sampai rumah gue langsung maen sama tetangga gue, tetangga gue namanya ida, putri. Sekarang percaya kan kalau gue normal. Gue selalu maen sama mereka di rumahnya putri, di sana gue di ajarin jadi cewek, gue masih inget gue di ajak maen boneka, maen rumah-rumah, maen sekolah-sekolahan, dan maen bapak ibu. Bukannya nyesel malah gue seneng, ya engga ada yang ngajak maen selain mereka.

Pernah juga gue di ajak tetangga gue mas budi, maen ke kuburan deket rumah. Bukan nyari nomer buat togel, tapi ngejar layang-layang yang putus, tiap sorelayang-layang itu melayang di langit dengan indahnya, sama indahnya sama tempat maen gue di KUBURAN. Itu malah melatih gue buat berani, dan mengerti adanya makhluk laen di dunia ini. Gue juga sering di traktir sama mas budi batagor yang lewat deket kuburan itu.

Tempat maen gue tak hanya di rumah putri sama kuburan aja, pernah gue maen ke atas genteng rumah kontrakan gue, karena rumah kontrakan gue bertingkat jadi gue suka naik ke atas sana. Di atas sana gue bisa ngelihat bangunan yang deket sama rumah kontrakan gue. Besar dan bertingkat semua, kadang juga gue lihat pesawat yang lewat. Pokoknya indah di atas sana.

Yang paling tak terlupakan waktu di surabaya itu, waktu ayah gue dan gue lagi di depan rumah kontrakan. Datanglah orang jualan bubur,dengan baik hati ayah gue membelikan semangkok bubur buat gue. Sambil nyuapin gue, engga tau lupa atau gimana. Beliau ngira uang 100rp yang tadi mau buat bayar tukang bubur itu masuk dalam mangkok bubur gue, dan masuk kedalam perut gue. Sontak tukang bubur beserta ayah gue panik, dan gue sempet di larih kan ke rumah sakit. Gue sempet di ronsen dan, alhamdulilah hasilnya nihil. Engga ada uang 100rp di perut gue.

Setelah kejadian itu gue sempet trauma dengan uang 100rp, gara-gara tuh uang gue sempet gagal meraih cita-cita gue. Namun hal yang sama berlanjut, pelakunya ganti menjadi kakak gue, dan saudarah gue. Kejadiannya waktu gue, kakak gue, dan saudarah gue di rumah sendirian. Karena ayah dan ibu gue lagi ngurus rumah yang sekarang gue tempatin. Waktu itu gue lagi asik lihat telivisi, karena ke jailan kakak gue yang berkerja sama dengan saudara gue, tiba-tiba gue di sekap oleh saudarah gue, sedangkan kakak gue membawah satu sendok yang isinya kemiri. Mereka berdua berusah membuka mulut gue dan, memasukan sendok kemiri itu dalam tubuh gue. Gue sempet berpikir, apa salah gue? Tega kalian berdua menyiksa gue dengan segerombolan kemiri itu?. Dan akhirnya masuk lah kemiri itu dalam perut gue.

Waktu mulai berlalu begitu cepat, gue dan keluarga harus pindah ke sidoarjo, gue mau ngelajutin sekolah di sidoarjo. Waktu itu gue masih kelas 1 SD. Di awal kepindahan di rumah baru ini, gue mendapatkan mimpi yang serem. Gue bermimpi, gue di kejar-kejar sama kuntilanak, pocong, sama vampire. Tempat mimpi gue ini di surabaya, dan deket sama kontrakan gue dulu. Apa mungkin gara-gara gue sering maen ke kuburan jadi arwah-arwah di sana engga mau kehilangan gue. Apa mereka engga rela kehilangan gue? Semua itu masih misteri.

Waktu SD engga kalah seru sama waktu TK, bedanya angkutan yang gue naikin naik pangkat. Ya, gue kelas 1-2 orang tua gue, ngantar jemput gue. Bukan meraka yang ngejemput tapi orang lain. Di sini gue juga sempet berpikir, Gue anak siapa sebenernya? Kenapa mereka menitipkan gue kepada orang lain? Apa gue ini putra yang tertukar?. Itu semua salah, yang bener gue di ojekin sama orang.

Kelas 3 gue udah berlatih naik sepeda ontel, latihan gue di mulai dari roda 3 dulu, maklum di surabaya gue engga pernah maen sepeda, kan jalan kaki aja kemana-mana deket. Gue latihan juga engga pakai sepeda sendiri, melainkan pinjem sepeda tetangga. Gue seneng banget bisa naik sepeda, sampai siang, sore, dan malem pengen naik sepeda aja.

Malah petak pun tiba pada gue, asik-asiknya naik sepeda gue malah terjatuh. Alhasil gue luka-luka, namun engga buat gue patang menyerah buat naik sepeda. Gue tetep berusaha belajar naik sepeda, karena dari jatuh itu gue menemukan suatu titik keberhasilan. Sampai akhirnya gue berangkat kesekolah naik sepeda sama temen gue ardi.

Gue juga inget waktu gue di ajakin ibu gue ke pasar, saat lagi rame-ramenya pasar. Gue yang saat itu bergandengan sama ibu gue dengan erat, sempat terlepas dalam genggaman tangan ibu gue. Gue pun binggung setengah mati, gue lari kesekitar buat nyariin ibu gue. Rasa takut gue mulai muncul saat gue kehilangan ibu gue. Air mata gue pun keluar, gue sempet teriak manggil ibu gue, namun yang datang bukan ibu gue, malah tukang nasi goreng yang udah kenal gue, nyamperin gue dan membantu gue buat nyariin ibu gue. Dan akhirnya gue ketemu dengan ibu gue, langsung aja gue peluk ibu gue. Pengalaman di pasar buat gue harus hati-hati dan engga boleh jauh dari orang tua.

Kelas 4-6 gue alami baik-baik saja, sampai pada berlibur ke jogja waktu kelas 6. Waktu berangkat gue kayak anak mama, bekal makan aja gue di anterin. Tapi gue beruntung punya orang tua yang sayang sama gue. Di perbatasan jawa timur-jawa tengah, bis berhenti buat istirahat. Gue duduk sama temen gue tapi beda kelas namanya pila, dia nyuruh gue buat beli pop mie, gue mau aja di suruh dia karena gue waktu itu masih cupu. Sampai gue di akalin buat bayar tuh pop mie. Sampain di jogja gue masih inget gue dan temen-temen mandi di rumah orang, dan itu pun bergantian.

Di borobudur gue cuman beli gantungan kunci dan celana boxer, karena kata guru gue tujuan berikutnya ke tempat renang. Gara-gara waktu di sekolah engga di kasih tau jadi gue engga bawah celana ganti lagi. Pila beraksi lagi, kali ini gue di tipu. Pila minjem uang gue 10rbu, dan katanya mau di kembalikan waktu nyampek sidoarjo. Dengan polosnya gue ngasih aja tuh uang 10rbu ke dia.

Tujuan ke dua adala kolam renang, jujur gue waktu itu belum bisa yang namanya berenang. Jangan kan berenang, ke kolam renang aja gue baru perdana ini. Jadi gue sosok-sosokan aja nyebur ke kolam renang, alhasil temen gue membawah gue ke tempat yang agak dalem, sontak gue takut dan berontak mintak di lepasin. Di dalem hati gue berkata, apakah ini akhir hidup gue?. Namun ALLAH berkata lain, dia menyelamatkan hambanya yang tersiksa.

Di pinggir kolam gue berpikir, gue harus bisa berenang supaya gue engga di siksa di kolam renang. Namun rencana gue terkabul saat gue kelas 1 SMP, di sekolah gue SMP ada extra renang, dan gue gembira dan antusian mengikutinya. Pengorbanan gue waktu kelas 6 SD terbayar sudah, akhirnya gue kelas 2 SMP udah mulai lihai berenang, walaupun engga selihai perenang dunia. Setidaknya gue bisa berenang dan engga di siksa lagi.

Yang paling gue inget waktu SMP itu, waktu gue sama rangga pulang bareng naik sepeda ontel. Dan engga sengaja ban depan sepada gue menyerempet ban belakang rangga. Hasilnya setir sepeda gue bengkok, dan arah jalan gue melenceng menujuh ke sungai kecil. Alhasil gue terjun kesungai itu, malu banget gue waktu itu, walaupun gue terjunnya engga pakai kepala tapi kaki, namun badan gue tercampur lumpur sungai.
Kejadian yang sama terulang kembali, tapi bukan rangga yang menjadi pelaku. Ferry yang menyebabkan gue jatuh untuk kedua kalinya. Bedanya cuman gue jatuh di jalan, tangan kanan luka. Untung waktu jatuh di belakang gue engga ada kendaraan yang lewat. Kalau ada, tamat lah nasib gue.


Semua kejadian ini membuat gue engga bisa lupa sampai kapan pun, gue selalu inget semua kejadian mulai dari TK, SD, SMP, Dan SMA. Kalau menceritakan soal masa SMA gue kira itu bukan mas kecil. Dan cerita gue akan berlanjut, mungkin itu di tempat kerja, atau pun waktu gue kuliah(Amin).

                            "Tulisan Ini Diikutsertakan Dalam Best Article Blogger Energy"

1 komentar:

  1. iya bener, semua kenangan masa kecil itu indah banget... dan vina dulu juga gitu lah ceritanya.. orang tua dulu masih ngontrak alhamdulillah udah punya rumah sendiri sekarang.. semua itu adalah proses dari perjalanan hidup manusia,, senang sedih susah itu aaahhhh speechless dan bisa nangis bahagia kalau mengenang masa kecil :)

    sukses best artikelnya ya :)

    BalasHapus